The Golden Star-Fruit Tree

The Golden Star-Fruit Tree

A long time ago,there was a rich old man living in Vietnam. He had two sons. They had very different attitudes. The older brother was very greedy, but the younger brother was very kind. When the old man died, the brothers divided his father's wealth into two parts. The big brother took almost everything. He gave his younger brother only a small piece of land, with a star-fruit tree in front of it. The younger brother did not mind. From the on he lived there and made his living only by selling star fruits from the tree. 

Unfortunately, a very big raven often came and ate all the ripe fruits. At first, he was too afraid of the raven, and did not know what to do. But one day he dared to approach the raven. He begged to it not eat the fruits. "If you eat the fruit,I will have nothing to sell to the market, and my family will starve."

Surprisingly the raven was not angry. He replied, "I need the fruits too. Can I have them and I'll pay to you with gold. Bring a 1-meter long bag, and I'll bring to place full of gold and you can fill the bag full with gold." The younger brother then told his wife to make 1-meter long bag. When the bag was done, he climbed on the raven's back and they flew to a place full of gold. He filled the bag full with gold, and then flew back home on the raven's back. From the on, the younger brother and his family could live happily in luxury

On the commemoration of his father's death, he invited his older brother to come to his house. Thinking that his brother had a poor house, the big brother refused to come. But because his younger brother insisted, he and his wife finally decided to come. When they got to the younger brother's house, they were surprised to see that he was now very rich. 

He asked his younger brother how he had got all his wealth, and the younger brother was happy to tell him the truth. Then,the greedy brother and his wife offered the younger brother to trade all their fortune for the star-fruit tree. The younger brother gladly accepted the offer. Soon the older brother and his family moved to the house with the star-fruit tree. When the raven came for the star fruits,the older  brother made the same plea. As expected, the raven told him to bring a 1-meter long a bag. 

Because he's was greedy, he asked his wife to make a much longer bag. When the bag was the bag done, he climbed on the raven's back and then they flew to the place full of gold. He filled the big bag with gold. He also brought some gold in his pockets. On the way home, the load soon became too heavy for the raven. Unable to hang on,the raven swayed, and the greedy brother fell straight down the to the sea with his bag and pockets full of gold. He sank very fast down the sea. The older died because of his greediness.


Terjemahan



Pohon Belimbing Emas

Dahulu kala ada seorang lelaki tua kaya yang tinggal di Vietnam. Dia memiliki dua putra dengan sikap yang berbeda. Kakak laki-laki sangat serakah dan adik laki-laki sangat baik. Ketika lelaki tua itu meninggal, kakak beradik itu membagi kekayaan ayahnya menjadi dua bagian. Si kakak mengambil hampir segalanya. Dia memberi adiknya hanya sebidang tanah kecil dengan sebatang pohon belimbing di depannya. Sejak saat itu si adik tinggal di sana dan mencari nafkah hanya dengan menjual buah belimbing dari pohon tersebut.

Sayangnya, gagak yang sangat besar sering datang dan memakan semua buah yang matang.  Awalnya, dia terlalu takut dengan gagak, dan tidak tahu harus berbuat apa.  Tetapi suatu hari dia berani mendekati gagak.  Dia memohon agar tidak memakan buahnya.  "Jika kamu memakan buahnya, aku tidak akan menjual apa pun ke pasar, dan keluargaku akan kelaparan."

Anehnya gagak itu tidak marah.  Dia menjawab, "Saya membutuhkan buah-buahan juga. Dapatkah saya memilikinya dan saya akan membayar kepada Anda dengan emas. Bawalah tas panjang 1 meter, dan saya akan membawa ke tempat penuh emas dan Anda dapat mengisi tas penuh dengan  emas."  Adik laki-laki itu kemudian memberi tahu istrinya untuk membuat tas panjang 1 meter.  Ketika tas itu selesai, dia naik ke punggung gagak dan mereka terbang ke tempat yang penuh emas.  Dia mengisi tas penuh dengan emas, dan kemudian terbang kembali ke rumah di gagak gagak.  Sejak saat itu, adik lelaki dan keluarganya bisa hidup bahagia dalam kemewahan.

Pada peringatan kematian ayahnya, ia mengundang kakak lelakinya untuk datang ke rumahnya.  Berpikir bahwa saudaranya memiliki rumah yang buruk, kakak itu menolak untuk datang.  Tetapi karena adiknya bersikeras, dia dan istrinya akhirnya memutuskan untuk datang.  Ketika mereka sampai di rumah adik lelaki itu, mereka terkejut melihat bahwa dia sekarang sangat kaya.

Dia bertanya kepada adik laki-lakinya bagaimana dia mendapatkan semua kekayaannya, dan adik lelaki itu senang mengatakan yang sebenarnya.  Kemudian, saudara serakah dan istrinya menawarkan adik lelaki itu untuk menukar semua kekayaan mereka dengan pohon belimbing.  Adik lelaki dengan senang hati menerima tawaran itu.  Segera saudara lelaki yang lebih tua dan keluarganya pindah ke rumah dengan pohon belimbing.  Ketika gagak datang untuk buah belimbing, kakak lelaki itu mengajukan permohonan yang sama.  Seperti yang diharapkan, gagak menyuruhnya membawa tas sepanjang 1 meter.

Karena dia serakah, dia meminta istrinya untuk membuat tas yang lebih lama.  Ketika tas itu selesai, dia naik ke punggung gagak dan kemudian mereka terbang ke tempat yang penuh emas.  Dia mengisi tas besar itu dengan emas.  Dia juga membawa beberapa emas di sakunya.  Dalam perjalanan pulang, beban segera menjadi terlalu berat bagi gagak.  Karena tidak bisa bertahan, gagak itu bergoyang, dan saudara serakah itu jatuh langsung ke laut dengan tas dan kantong penuh emas.  Dia tenggelam sangat cepat di laut.  Yang lebih tua meninggal  karena keserakahannya.

Komentar

  1. Balasan
    1. tujuan nya untuk memberi amanat kepada pembaca untuk tidak serakah dan bersyukur terhadap apa yang kita punya

      Hapus
    2. To entertain or amuse the readers

      Hapus
  2. Tokoh beserta karakternya apa yaa?

    BalasHapus
  3. Kak unsur kebahasaan nya apa aja contohnya

    BalasHapus
  4. Kak teks naratif nya yang di mana

    BalasHapus
  5. Pandangan/ulasannya dong kak:)

    BalasHapus
  6. What did You think about a big raven ? is it a good bird?

    BalasHapus
  7. Apa Pendapat mu dari kisah ini?

    BalasHapus

  8. Kalimat past tent perparagraf??

    BalasHapus
  9. Sebutkan orientasi complication resolusi nya kakak tolong jawab sekarang buat besok

    BalasHapus
  10. Bentuk past tense nya apa kk
    Tolong jwb skrg kak

    BalasHapus
  11. Tell me the main characters of the story'!!

    BalasHapus
  12. Kk idea setiap paragraf nya apa ya

    BalasHapus
  13. kak pokok kalimat setiap paragraf itu gimana

    BalasHapus
  14. Evaluation dalam cerita tersebut mna?

    BalasHapus
  15. how was the younger brother become rich

    BalasHapus
  16. Kak Orientasi, komplikasi, resolusi kak

    BalasHapus
  17. Tenses nya disetiap kalimat kak?

    BalasHapus
  18. Struktur nya apaan ajah broh, komplikasi nya paragraf brp yaak?

    BalasHapus
  19. Konflik sama resolusinya gimana ya kak?

    BalasHapus
  20. Kak tentukan orientasi, komplikasi dan resolusi dri cerita ini kak

    BalasHapus
  21. Kata sulit dari cerita ini ? Maksud dari pertanyaan itu maksudnya gimn ka? Saya harus jawab apa?

    BalasHapus

Posting Komentar